:::APRIL MOP?:::

HARI TRAGEDI PEMBUNUHAN UMAT ISLAM SPANYOL


April Mop dirayakan dengan melegalkan penipuan dankebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedarhiburan atau keisengan belaka.

I.B.M.B- PERNAHKAH anda merayakan April Mop? Jika iya segeralah bertaubat, karena dengan alasan apapun sikap yang tidak dilandasi pengetahuan mengenai hakikat perayaan tersebut tidak membawa mudharat untuk anda.

Pada hari itu setiap orang diperbolehkan untuk berbohong atau membuat lelocon konyol tanpa rasa bersalah atau tidak boleh disalahkan. Hari ini ditandai dengan bercanda, tipu menipukepada keluarga, teman, sahabat, musuh dan tetangga dengan tujuan mempermalukan mereka.Inilah kisah dibalik April Mop yang biasa dirayakan setiap 1April. Menurut ahli sejarah Islam dr. Ahlish Manshur ,S.Sos

April Mop atau dalam bahasa Inggrisnya April Fool’s Day berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariqbin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi sebuahnegara yang makmur. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendahhati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulusdan ikhlas memeluk Islam. Keadaan tenteram seperti ituberlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum Kristen yang masih ada di sekelilingSpanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islamdari Spanyol, namun selalu gagal.

Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajarikelemahan umat Islam Spanyol. Akhirnya mereka menemukancara untuk menaklukkan Islam, yaitu dengan melemahkan imanmereka melalui pemikiran dan budaya lebral.Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan Kristen.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksaberlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri.

Tentara Kristen mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah mereka. Denganlantang tentara Kristen itu meneriakkan pengumuman, bahwapara Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dandiperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawabarang-barang keperluan mereka.

Orang orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namunbeberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendirikapal- kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan.

Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan,mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada danberlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluardari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan.

Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan nonmuslim, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.

Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan,dengan cepat tentara kafir itu menggeledah rumah-rumah yangtelah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilatangkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebutbersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan didalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanyabisa terpana ketika tentara Kristen juga membakari kapal-kapalyang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol.

Ribuan umat Islam itu tidak bisa berbuat apa-apa karena samasekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri daripara perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil.Sedangkan para tentara Krsiten telah mengepung merekadengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Kristensegera menyerbu umat Islam Spanyol. Jerit tangis dan takbirmembahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu tewassebagai syuhada.

Tragedi itu bertepatan dengan tanggal 1 April.Inilah yangkemudian diperingati oleh dunia barat sebagai April Mop (TheApril’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang orang di perbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

Sebab itulah, April Mop dirayakan dengan melegalkan penipuandan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedarhiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yangsangat menyedihkan. Sebab itu, sangat tidak pantas jika adaorang Islam yang ikut ikutan merayakan tradisi ini.

Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka iasesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhanribuan saudara saudaranya di Granada, Spanyol 5 abad silamyang lalu.

Wallahu a’lam bishshawab,

 Bagikan tausiyah ini kepada teman-temanmu dengan meng-klik 'bagikan'/'share'Tandai dan undang temen2mu gabung dg klik ‘Invite Your Friends INGAT Qs.42:48 KEWAJIBANMU tidak lain hanyalah menyampaikan

Tahukah anda jika dakwah tak Cuma tugas ustadz tapi jelas tertulis KEWAJIBAN BAGI KITA SEMUA?

Qs.42:48 KEWAJIBANMU tidak lain hanyalah menyampaikan (Juga Qs.16:82 dan Qs.3:20)

Qs.3 Ali Imran:20 Maukah kamu masuk Islam? (kewajiban menyampaikan pada kafir sekalipun)

Qs.16:125 SERULAH pada jalan Tuhan-mu dengan hikmah & pelajaran baik

sumber : https://www.facebook.com/groups/461147960635195/doc/462888573794467/